Mi ABC Gule Salero Lestarikan Gulai Khas Nusantara

Ditengah serbuan kuliner asing yang menjadi santapan kaum urban di Indonesia. Produsen makanan dan minuman, PT ABC President Indonesia melestarikan kuliner lokal dengan mengangkat kembali citra masakan gulai ke tengah masyarakat dengan meluncurkan produk Mi ABC Gule Salero.

Siapa yang tak kenal gulai, menu masakan khas Tanah Air ini  yang terkenal dengan kuah santan, kaya dengan aneka jenis rempah didalamnya. Sayang, kuliner warisan budaya ini mulai terlupakan.

Sharing Barapat Basamo

Untuk mengangkat kembali gulai ke masyarakat. Mi ABC Gule Salero menggelar acara Barapat Bersama Gule Salero. Sebuah kegiatan yang mengajak audience dari rekan media, blogger dan komunitas di Palembang berkumpul bersama menikmati dan menyingkap kelezatan Gulai.

Acara yang digelar di Riverside Restaurant, Jumat, 12 Desember 2014 silam ini, mendapatkan tanggapan sangat positif terlebih beragam menu gulai khas Palembang tersaji khusus. Sebut saja Gulai Kepala Kakap, Gulai Tempoyak, Gulai Umbut hingga Gulai Malbi.

Barapat Basamo1

Dalam sharing bersama  Brand Manager Mie ABC, Sandhika Sabana Putra, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan,  Farfat Syukri dan budayawan, Yudhi Syarofie terungkap PT ABC President Indonesia memiliki semangat melestarikan kuliner Indonesia dengan menghadirkan varian baru produk mi yakni Mi ABC Gule Salero.

Mi ABC Gule Salero mengedukasi peserta Barapat Basamo Gule Salero tentang gulai dan jejak gulai di Palembang. Bahkan Yudhi Syarofie pun mendapatkan apresiasi karena kepedulian terhadap gulai dengan menerbitkan buku tentang warisan kuliner nusantara.

Barapat Basamo2

Mi ABC Gule Salero ini mampu mengobati kerinduan akan rasa kulines khas Indonesia. Dengan hadirnya Mi ABC Gule Salero ini, PT ABC President Indonesia mengajak masyarakat kembali mencintai gulai. Ini menjadi salah satu  cara melestarikan  gulai sebagai kuliner asli Indonesia di tengah gempuran kuliner asing di Indonesia.

Barapat Basamo3

Barapat Basamo Gule Salero ini semakin seru dengan demo masak dari dua Chef dari  Indonesia Chef Association (ICA), Chef I Gede Surata yang memasak Gulai Kepala Kakap dan Chef M. Ikbal Khatib dengan Gulai Tempoyak khas Palembang.

Aroma khas dari aneka jenis rempah berpadu, membuat peserta Barapat Basamo tak sabar menikmati hasil masakan kedua Chef tersebut. Chef I Gede Surata pun berbagi tips untuk mamasak kedua gulai ini, karena menggunakan ikan, terlebih dahulu ikannya dimasak terpisah dengan cara digoreng dengan sedikit minyak. Sedangkan untuk menjaga santan agar tidak pecah, harus diperhatikan saat memasak menggunakan api kecil.

Barapat Basamo4

Masakan bersantan ini pun semakin nikmat disajikan Mi ABC Gule Salero. Seluruh undangan pun mendapatkan kesempatan untuk menikmati hasil kreasi masakan kedua Chef tersebut.

Bahkan tersaji juga aneka gulai tradisional daerah lain. Seperti Gulai Paku khas Sumatera Barat, Gulai Ikan Baung khas Riau dan Gulai Taboh dari Lampung.

Acara Barapat Basamo Gule Salero ini sangat bermanfaat dan memberikan banyak informasi bagi saya. Selain lebih mengenal aneka jenis gulai khas nusantara yang tersebar dari Sumatera hingga Papua. Saya pun bisa berwisata kuliner dalam satu hari menjelajah Indonesia.

Barapat Basamo5

Indonesia yang kaya dengan aneka jenis kuliner menjadi  warisan yang tak ternilai. Upaya menjaga dan melestarikan budaya asli Indonesia bukanlah hal mudah, apalagi di tengah perkembangan zaman yang semakin modern saat ini.

Tugas menjaga melestarikan warisan budaya maupun warisan kuliner tidak hanya menjadi pemerintah saja, namun juga semua pihak, termasuk kita. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi kuliner khas nusantara, khususnya gulai.

Barapat Basamo6

Sekarang tugas kita semua untuk mengembalikan panggung kuliner khas nusantara kembali ke tempatnya. Ayo kita kembali mengkonsumsi dan mencintai masakan asli Indonesia.

2 thoughts on “Mi ABC Gule Salero Lestarikan Gulai Khas Nusantara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s