Inspirasi Al Gore Atasi Perubahan Iklim

Sungguh menjadi pengalaman luar biasa bisa mengikuti Business for Environment (B4E) Forest Dialogue, di Hotel Shangrila, Jakarta, Minggu (09/01). Pengalaman tersebut saya terima setelah menjadi salah satu pemenang  kompetisi karya tulis tentang aksi penyelamatan hutan.

Luar biasanya karena gala dinner dan dialog tersebut menghadirkan Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat dan peraih Nobel Perdamaian 2007, Al Gore sebagai pembicara utama.  Saya bersama Mbak Julia Ahadiah dan Mas Septi Suwandia beruntung mendapatkan tiket B4E Forest Dialogue dan bisa bisa melihat langsung Al Gore memberikan pidato eksklusifnya.

Awalnya saya hanya iseng mengirimkan tulisan Selamatkan Hutan Kita, dalam kompetisi menulis yang digelar WWF . Dan ini menjadi kesempatan berharga bagi saya untuk mendapatkan inspirasi dari Al Gore, mantan pendamping Presiden Bill Clinton tersebut.

Saatnya kita harus bersatu untuk menyelamatkan bumi dari ancaman perubahan iklim dan global warming. Karena memang kitalah yang menyebabkan semua ini terjadi. Perubahan iklim global akan menjadi malapetaka yang akan datang!. Kita telah tahu, manusia  terus menerus menggunakan  bahan bakar dari minyak fosil seperti minyak bumi, batubara, dan gas.

Selain itu, para manusia juga yang sudah menggunduli hutan, dan membuat Daerah Aliran Sungai kini semakin tidak bisa menahan air tanah, dan hasilnya berujung dengan krisis air tanah. Belum lagi ancaman global warming yang terus mengintai  akibat dari pencemaran yang dilakukan juga oleh ulah manusia. Es di kutub sedikit demi sedikit telah mencair, dan akhirnya menaikkan muka air laut, dan bersiaplah akan semakin banyak pulau tenggelam dan hilang.

Sebagai contoh adalah perubahan iklim telah terjadi, saat ini kita menerima curahan hujan yang banyak karena pengaruh dari El Nino. Setelah menerima kucuran hujan yang banyak, kita akan segera menghadapi  ancaman musim kering atau kemarau dari pengaruh La Nina.

Lihat saja banjir yang terjadi di Australia adalah salah satu peringatan dan bukti yang tak terbantahkan jika alam sudah semakin MARAH dengan manusia. Masih harus menunggu berapa lama lagi, dan berapa banyak contoh lagi untuk membuat kita SADAR dengan segala perbuatan kita yang telah membuat bumi yang tua ini semakin sekarat.

Al Gore adalah salah satu yang bisa memberikan inspirasi tentang upaya penyelamatan bumi. Buku Al Gore bertajuk Our Choice: A Plan to Solve the Climate Crisis yang terbit tahun lalu, bisa menjadi bahan bacaan dan acuan kita bagaimana kita menyelamatkan bumi.

Menurut Al Gore “Kita dapat mengatasi krisis iklim, memang upaya itu tidak mudah. ” Tetapi, kalau kita memilih untuk mengatasinya, saya tidak ragu sedikit pun bahwa kita mampu dan akan berhasil mengatasinya.”

Al Gore, dalam bukunya Our Choice, memang menjelaskan bahwa salah satu modal yang belum ada untuk mengatasi masalah iklim adalah kehendak kolektif. Dia mengutip peribahasa Afrika, “Kalau mau pergi dengan cepat, pergilah sendiri. Kalau mau pergi jauh, pergilah bersama.”

Note : Foto-foto diambil dari WWF

Tulisan juga dipublish disini

Iklan

2 thoughts on “Inspirasi Al Gore Atasi Perubahan Iklim

  1. Ping-balik: Inspirasi Al Gore Atasi Perubahan Iklim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s