Status PNS Masih Jadi Impian Menggiurkan

Hari ini ratusan ribu orang di seluruh penjuru Indonesia mengikuti tes seleksi penerimaan PNS 2010. Memang status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi sebuah impian yang sangat menggiurkan bagi seseorang. Bahkan tak jarang sang orang tua rela mengguyurkan sejumlah dana agar memuluskan langkah sang anak menjadi PNS.

Jaminan mendapatkan fasilitas berlimpah mulai dari Asuransi, tunjangan, serta pensiun menjadi magnet tersendiri. Bak  gula yang  dikerubuti semut. Akhirnya hampir sebagian orang meletakkan impian terbesarnya menjadi PNS.

Entahlah… pesona PNS itu tidak lagi manis di mataku. Aku pun mengikuti tes PNS ini hanya saat lulus SPK dan lulus dari FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Itu pun hanya karena mengikuti keinginan orang tua dan mantan patjar.

Proses seleksi dalam penerimaan CPNS  pun kini sudah mulai pada 4 tahapan, mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara dan psikotes.

Mimpi menjadi PNS ini sendiri membuat orang mulai  tergiur melakukan tindakan curang, tak terbilang berapa banyak uang mengalir setiap kali penerimaan CPNS berjalan.

Mulai dari menggesek-gesek pegawai Kepegawaiaan Daerah,  Panitia seleksi, menggunakan joki hingga jalur atas yakni dengan menggunakan  memo pejabat A ataupun B. Semua dilakukan dengan rapi, tanpa celah namun menjadi rahasia umum.

Toh, dari sini akan terlihat PNS seperti apa yang lulus dengan cara curang ataupun benar, mereka yang sudah habis-habisan, harus mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan. Dan setelah menjadi PNS, sang PNS tersebut mulai menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang seperti halnya korupsi yang menjadi HALAL hukumnya di mata mereka.

Bagi yang mengikuti tes PNS, selamat berjuang, banyak berdo’a agar Allah melapangkan jalan dan memudahkan langkah menjadi PNS. Namun tetaplah berada di jalur yang benar, tanpa melakukan kecurangan.

Ingat teman, PNS bukan satu – satunya jalan menuju kesuksesan. Jangan pernah menyerah dan terus berusaha menembus impian. Karena PNS bukanlah impian satu-satunya masih banyak berjuta impian yang bisa kau ambil menuju jalan kesuksesan.

11 thoughts on “Status PNS Masih Jadi Impian Menggiurkan

  1. kalo aq ikutan cpns pemprov plg..lokasi tes dpt di kampus bukit besar unsri… tinggal nasib sj krn yg ikutan jg bejibun… blm lg ad yg pake uang, lobi, joki, dll… memperkecil harapan lulus menjadi ciut 10 % ..😀

  2. Ikut seleksi CPNS ok-ok aja selama tidak memaksakan diri dengan menghalalkan segala cara. Selama di jalur yang benar sih monggo ya, mbak🙂

    Namun jika gagal pun sebaiknya jangan putus asa, karena jalan rizki itu banyak sekali.

  3. Ikut test PNS boleh2 saja, asal di jalur yg benar, bukan di jalur yg “membenarkan”.
    Menjadi PNS boleh2 saja, asal benar2 menjadi PNS yang bermanfaat, bukan yang mudhorat, apalagi yang membawa laknat. Woww.. bahasanya seru amat.. Haha.
    Saya punya 2 teman yg jd PNS, sewaktu kuliah, orangnya idealis. Namun, setelah menjd PNS, “terpaksa” masuk jd KKN list. Dia bilang spt ini : “Saya gak bs nolak, Ton. Kita dikasih sama orang. Gmn bs nolak, semua terima. Atasan terima. Saya gak terima, nanti atasan marah, team jg marah.
    Ya, inilah sistem yang bnyk terjadi, kayak benang kusut. Tapi itulah sistem kepegawaian di negeri ini. Unik, kronik, dan klenik, haha.. Sisi lainya, ada PNS yg benar-benar berada di jalur yg benar, hidup dari penghslan yg benar.
    Semoga dg banyaknya blogger, akan terjadi banyak perubahan, khususnya wongkito.net yang membawakannya, dan juga pemilik blog ini.

  4. entah kenapa aku dari dulu tidak pernah tertarik untuk jadi PNS, apalagi harus bayar muahal banget katanya supaya bisa di terima,. padahal ibuku selalu nyuruh aku ikutan tes nya. katanya biar hidup nya terjamin lah, biar dapet pensiun lah dll

    …bagiku jadi PNS adalah pengabdian seumur hidup, aku akan bekerja selamanya ditempat yg sama, itu yang ada dipikiranku. dan aku orang yang senang bertualang, aku pengen mengunjungi tempat2 lain di dunia tanpa terikat sesuatu.

    dulu aku sering diejek orang2, bahkan keluarga yang bilang aku bodoh lah, tapi aku gak peduli, jalan yang kupilih bukan jadi PNS… aku cari jalanku sendiri.

    akhirnya ya alhamdulillah sejauh ini baik2 saja, sudah 2 tahun bekerja di Qatar, dan insya allah tahun depan mau cari petualangan baru,

    salam …

    • makasih ya dah berkunjung😀
      seru banget bisa ke Qatar dan kerja disana😀
      Semoga Allah memberikan kesempatan pada saya untuk bisa merasakan, tinggal, kuliah dan kerja di Eropa😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s