Hari Cuci Tangan Sedunia

Tahukah jika hari ini merupakan Hari Cuci Tangan Sedunia, di tahuan 2008, PBB menetapkan setiap 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia.

Cuci tangan dengan menggunakan air saja merupakan hal yang umum dilakukan di seluruh dunia. Namun ternyata  kebiasaan ini kurang efektif dibandingkan dengan cuci tangan memakai sabun.  Pasalnya, sabun dapat meluruhkan lemak dan kotoran yang mengandung kuman. Dengan penggunaan yang benar, semua sabun memiliki efektifitas yang sama dalam meluruhkan kuman-kuman penyebab penyakit.

Cuci tangan pakai sabun adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit diare dan pneumonia yang merupakan penyebab utama kematian anak. Setiap tahun, lebih dari 3,5 juta anak tidak dapat hidup hingga usianya yang ke-5 karena diare dan pneumonia.

Selain itu, perilaku cuci tangan pakai sabun, baik sebelum dan setelah makan, setelah bermain, setelah BAK/BAB harus dimulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga hingga sekolah. Dan untuk menanamkan perilaku ini lakukanlah pada anak – anak karena mereka akan merekamnya dalam ingatan dan menjadi agen perubahan.

Meski sudah sering cuci tangan, ternyata ada cara cuci tangan yang benar.

Cara cuci tangan yang benar adalah dengan mencuci tangan di air mengalir:

1. Buka keran air, basahi tangan dan berikan sabun,

2. Gosok kedua punggung tangan,

3. Lanjutkan dengan gosok jari satu persatu dengan menyatukan kedua telapak tangan,

4. Gosok kedua buku – buku jari,

5. Lanjutkan dengan menggosok ibu jari,

6. Gosok jari di tengah telapak tangan  lalu bilas dengan air  dan lap hingga kering.

 

7 thoughts on “Hari Cuci Tangan Sedunia

  1. Ping-balik: Cengkareng Wakili Jakarta dalam Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia   | Indonesia Search Engine

  2. Saya pernah lihat yang (sepertinya) lain. Saya lihat posternya di sebuah rumah sakit, dan ada di setiap kamar pasien ditaruh tepat di dekat wastafel. Tambahan ada di akhir, untuk memutar kran air (mematikan) diinstruksikan menggunakan tisu yang ada. Jadi, setelah habis cuci tangan, keringkan tangan pake tisu, sebelum tisunya dibuang, gunakan tisu itu untuk menyentuh kran.😀
    Benar juga, kalo sebelum mencuci tangan kita kotor, habis nyuci tangan megang kran yang sama, kuman berpindah lagi. Sama aja bohong…:mrgreen:

  3. Cuci tangan sehabis pegang kamera dan tape recorder kan Bu🙂

    @Asop, bagusnya kran di rumah sakit itu menggunakan kran tipe tekan, jadi bisa ditekan dengan siku, atau keran yang pakai infra merah😀.

  4. wah….memang sih malas kalo udah PW di kursi kantor untuk cuci tangan sblm makan setelah memegang banyak kertas dan tuts keyboard laptop yang udah pasti ga healthy
    skrg hrs belajar ga malas neh
    thanx ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s