Tentang Sang Pencerah

Sang Pencerah menceritakan kisah awal perjuangan K.H. Ahmad Dahlan, mendirikan Muhammadiyah. Film ini bercerita tentang perjuangan, semangat, patriotisme, pemikiran dan tentang pilihan.

Jujur sebagai saya menikmati film yang mengambil setting di Yogyakarta pada akhir abad ke-19.

Pemainnya Lukman Sardi dan Ikhsan Idol yang menjadi KH Ahmad Dahlan, memang tampil cemerlang didukung penampilan Slamet Rahardjo Djarot dan Giring Nidji.

Ini merupakan sejarah berdirinya Muhammadiyah pada 12 November 1912. KH Ahmad Dahlan dibantu 5 muridnya (Sudjak, Fachrudin, Hisyam, Syarkawi, Abdul Ghani) dan didukung Siti Walidah (Zaskia Adia Mecca), istrinya.

Ahmad Dahlan ingin menegakkan pelaksanaan syariat Islam yang melenceng ke arah Bid’ah (sesat) pelaksanaan syariat Islam yang melenceng ke arah Bid’ah /sesat dari kemurnian ajaran Islam.

Melalui Langgar – nya Ahmad Dahlan  setelah berganti nama dari Muhammad Darwis saat pulang haji, mengawali pergerakan dengan mengubah arah kiblat yang salah di Masjid Besar Kauman yang mengakibatkan kemarahan seorang kyai penjaga tradisi, Kyai Penghulu Kamaludiningrat (Slamet Rahardjo) sehingga surau Ahmad Dahlan dirobohkan karena dianggap mengajarkan aliran sesat. Ahmad Dahlan juga di tuduh sebagai kyai Kafir hanya karena membuka sekolah yang menempatkan muridnya duduk di kursi seperti sekolah modern Belanda.

Ahmad Dahlan juga dituduh sebagai kyai Kejawen hanya karena dekat dengan lingkungan cendekiawan Jawa di Budi Utomo. Tapi tuduhan tersebut tidak membuat pemuda Kauman itu surut.

Dibalik semua kontroversinya, ‘Sang Pencerah’ adalah sebuah film sejarah yang dibuat dengan  nilai produksi di atas rata-rata yang bisa menjadi pelajaran di masa kini.

One thought on “Tentang Sang Pencerah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s