Matikan Rokokmu! Asapmu Bukan Untukku

Setiap tanggal 31 Mei, seluruh dunia memperingati hari Hari Anti Tembakau Sedunia. Apakah hari ini hanya sekedar peringatan saja, tanpa memiliki arti tersendiri?

Aaaah… jika dihitung terdapat 400 ribu perokok di Indonesia dan hampir 60 persen diantaranya mereka yang berkantong lemah alias masyarakat ekonomi menengah kebawah.

Rokok diibaratkan sebagai makanan utama, seperti tidak lengkap jika tidak merokok. Bahkan jika dihitung konsumsi rokok mereka per hari melebihi angka 10 ribu rupiah. Bagaimana jika angka tersebut dikalikan dengan 365 hari dalam setahun. Artinya mereka mengeluarkan uang Rp 3.650.000  , ini jika dikali dengan 10 ribu kalo lebih dari itu jumlahkan saja sendiri.

Memanfaatkan momen Hari Anti Tembakau Sedunia, Palembang memberlakukan Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2009 tentang  “Kawasan Tanpa Rokok”. Ada 7 tempat yang menjadi sorotan utama diantaranya Tempat umum seperti Angkutan umum, Mall / Pasar, Rumah Sakit, Sekolah / Tempat Pendidikan, hingga Perkantoran.

Semoga dengan berlakunya perda ini semakin banyak orang yang sadar akan bahaya merokok dan berhenti meracuni orang lain. Pasalnya yang lebih berbahaya bukan perokok aktif yang menghisap ratusan batang rokok per hari, melainkan mereka yang menjadi perokok pasif yang ikut menghisap asap rokok yang dihembuskan oleh mereka yang merokok.

Begitu banyak artikel dan peringatan tentang bahaya merokok, mulai dari menyebabkan kanker hingga berujung kepada kematian. Bahkan berbagai ormas Islam memberlakukan fatwa HARAM bagi rokok. Semoga semakin banyak yang sadar akan bahaya merokok dan berhenti meracuni diri sendiri dan orang lain.

Matikan rokokmu! Asapmu bukan untukku

Iklan

5 thoughts on “Matikan Rokokmu! Asapmu Bukan Untukku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s