Save The Earth “Ubah Dunia Dalam 1 Jam”

Ayo mari sama – sama kita selamatkan bumi yang sudah sangat tua dan sakit ini.

Tahun lalu saya menulis tentang Satu Jam Tanpa Listrik .  Program Earth Hour di tahun lalu dengan “60 Menit Tanpa Lampu” sukses yang didukung lebih dari 100 juta orang dari 4000 Kota dan 88 Negara dengan mematikan listrik selama 60 menit saja.

Kini program Earth Hour mengajak kembali  untuk mengurangi penggunaan Energi yang berlebihan dan membantu mencegah timbulnya efek pemanasan global yang terjadi di Bumi tercinta kita ini.

Ditahun 2010 ini, dengan tema “Ubah Dunia Dalam 1 Jam” Earth Hour mengajak kita pada tanggal 27 Maret 2010 tepatnya pada pukul 20.30-21.30 waktu setempat (tempat kita berada) untuk mematikan listrik, baik itu lampu, komputer, televisi, AC dan bermacam alat eletronik lainnya.

Sebagai manusia penghuni bumi, mari kita berperan serta mensukseskan program Earth Hour 2010. Mari matikan listrik di rumah kita, tempat kerja dan sekitar kita hanya 60 Menit saja. Karena dengan 60 menit mematikan listrik tersebut, kita telah ikut serta menjaga bumi dari Pemanasan Global.

Berdasarkan data konsumsi listrik tahun 2008, total 29.605 GWH atau 23% total konsumsi listrik Indonesia, terfokus di DKI Jakarta dan Tangerang.  Konsumsi energi Listrik di Indonesia terfokus di Jawa – Bali atau sebesar 78% dari total keseluruhan konsumsi listrik nasional, karena 68% konsumennya berada di pulau Jawa-Bali. Bagian Indonesia yang lain mendapatkan porsi yang lebih kecil.

Konsumsi energi Listrik paling besar di sektor Rumah tangga, yakni sebesar 33% .  Apabila 10% penduduk Jakarta berpartisipasi dalam EARTH HOUR, maka Jakarta dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300MWh.

Hemat konsumsi listrik 300 Mwh sama dengan mematikan 1 pembangkit listrik. Hemat konsumsi listrik 300 Mwh sama dengan Menghemat 267,3 ton CO2.  Hemat konsumsi listrik 300 Mwh = Menghemat lebih dari 267 pohon (1 pohon mampu menyerap 1 ton CO2 dalam 20 tahun masa hidupnya). Hemat konsumsi listrik 300 Mwh= Persediaan O2 untuk lebih dari 535 orang (1 pohon mampu memberikan O2 bagi 2 orang dalam 20 tahun masa hidupnya). Apabila (300MWh = 1.080.000MJ) X Rp 200/MJ = menghemat hingga Rp 216.600.000.

Mata kita tentu melihat bagaimana Global Warming  mengakibatkan perubahan iklim yang sangat ekstrim. Temperatur rata-rata Bumi naik dratis yang menyebabkan permukaan air laut naik, musim kemarau panjang, banjir, badai, dan begitu banyak kejadian alam yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ayo Selamatkan Bumi… Sekarang Juga !!!.

22 thoughts on “Save The Earth “Ubah Dunia Dalam 1 Jam”

  1. Wahh tadi seru abis.. kita gelap2an sok romantis (pdhal cewek semua😀 )
    main kartu gitu.. seru juga ya.. sayang tetangga kiri kanan lampunya tetap hidup😦

    Ohya mbak.. ada PR tuh di blogku buat mbak.. wekekekek.. iseng aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s