Girls… Waspada Kanker Serviks Menghantuimu

Handphoneku berbunyi, ada SMS masuk, dan langsung kubaca isinya

Pencegahan Kanker Serviks Uteri

– Kalo tidur jangan pake CD (celana dalam).

– Sehabis pipis keringkan dengan tissue.

– Ganti CD minimal 2x sehari.

– Ganti pembalut minimal 2x sehari.

– Hindari makan buah yang meningkatkan produksi lendir, seperti : nanas, kol, timun, dsb.

– Jangan memegang vagina dengan kuku kotor.

– Jangan biarkan CD basah.

– Jangan melakukan seks bebas.

– Kalau bisa lakukan pemeriksaan USG/ Screening Uterus secara rutin.

Sebarkan ke semua wanita yang kau sayang. Selamatkan PEREMPUAN Indonesia.

Aku cukup terkejut membaca SMS dari  Gita (teman satu angkatan di Puteri Sumsel 2006).

Berdasarkan google searching, fakta mengejutkan adalah ternyata Kanker Serviks merupakan pembunuh wanita.

“Kenapa?”

Sepertiga dari jumlah penderita kanker di Indonesia adalah Kanker Serviks Uteri. Dan artinya wanita lah yang menjadi korban dari keganasan penyakit ini. Ya, laki – laki tidak mungkin menderita penyakit ini karena mereka tidak memiliki  Uterus atau Rahim. Dan jumlah penderita kanker ini terus meningkat setiap tahunnya.

Kanker Serviks Uteri adalah kanker leher rahim yang merupakan jenis penyakit kanker paling umum kedua di seluruh dunia yang biasa diderita wanita di atas usia 15 tahun.

Fakta mengejutkan Indonesia berada pada rangking no.1 dengan jumlah penderita kanker Serviks Uteri terbanyak. Di dunia sekitar 500 ribu wanita didiagnosa menderita kanker serviks dan rata-rata 270.000 kematian setiap tahunnya atau dengan kata lain setiap dua menit seorang wanita meninggal karena kanker serviks.

Semua wanita yang aktif secara seksual, memiliki resiko terinfeksi kanker serviks atau tahap awal penyakit ini tanpa memandang usia atau gaya hidup.

Penyebab terjadinya kanker pada leher rahim adalah serangan virus HPV (human papillomavirus). Ada 100 tipe virus HPV yang teridentifikasi dan kebanyakan tidak berbahaya serta tidak menunjukkan gejala. Sebanyak 40 tipe HPV dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Sasarannya adalah alat kelamin dan digolongkan menjadi dua golongan yaitu tipe HPV penyebab kanker dan HPV beresiko rendah.

Setiap wanita beresiko terjangkit kanker serviks selama hidup mereka tanpa memandang usia dan gaya hidup. Ini dikarenakan HPV merupakan visus yang umum dan mudah ditularkan melalui kontak kulit kelamin.

Meski dalam berhubungan intim, pasangan dari wanita tersebut sudah mengenakan kondom, namun sayangnya penyebaran HPV tak dapat sepenuhnya melindungi wanita dari infeksi HPV.

Cara mendeteksi kanker serviks secara dini adalah dengan melakukan pap smear atau IVA. Tes ini dapat mendeteksi awal kanker serviks dimana perubahan sel dapat diidentifikasi di leher rahim.

Seperti sifat kanker pada umumnya, tak akan terlihat gejala apapun (secara fisik) pada stadium awal dari kanker serviks. Namun deteksi dini penting untuk dilakukan karena dapat membantu mendeteksi perkembangan kanker serviks, meski tak dapat mencegah terjadinya infeksi HPV.

Resiko berkembangnya kanker serviks pada wanita yang tidak melakukan screening secara teratur adalah lima kali lebih tinggi dibandingkan yang teratur.

Ada suatu vaksin yang menargetkan HPV tipe 16 dan 18 yang berpotensi untuk mencegah lebih dari 70 persen kanker serviks.

Vaksin ini akan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan untuk mengenali dan menghancurkan virus ketika masuk ke dalam tubuh, sebelum membentuk infeksi.

Info lebih lengkap bisa dilihat disini … Kanker Serviks Pembunuh Wanita

Sebenarnya inti dari bisa terjangkitnya penyakit ini adalah berawal dari hubungan seks. Lakukan seks hanya dengan pasangan sah (suami) mu. Bagi yang telah melakukannya, mulai sekarang mari kita memperbaiki diri dan bertaubat.

Karena pintu taubat akan selalu terbuka untuk mereka yang benar – benar ingin bertaubat dan nafas belum di kerongkongan.

Tidakkah mereka mengetahui, bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan menerima zakat, dan bahwasanya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang? QS. at-Taubah (9) : 104

21 thoughts on “Girls… Waspada Kanker Serviks Menghantuimu

  1. Kalo ga salah, dari data, kanker ini membunuh seorang wanita setiap dua jam. Selain itu, masa-masa sakitnya bis ajadi sangat mengenaskan, dan mayoritas terdetksi setalah stadium lanjut

    • betul mbak..tapi mbak udah tahu solusinya belum?saya ada solusinya,jika mau bisa tlp saya ya mbak 08158244179/BB:247458f5.tq

  2. aku juga dapet sms itu dan sekarang mencoba mengingat untuk melakukannya..hiks..tapi ngeri juga je
    btw maaf nitip info bagi sesama blogger🙂
    temen2 pecinta pajak, pemerduli pajak..ada lomba blog nie…hadiahnya lumayan kok..
    cuman ini tentang pajak..
    info lebih lanjut dikemas dalam acara Tax paradise dan bisa dilihat di web kami di http://www.pajak-stan.com
    btw..tolong sebarin ke temen2 ya..siapa tahu ada yang pengen dan seneng pajak, tapi gak dapat info ini..terimakasih🙂
    sebenarnya gak hanya lomba blog sih, ada lomba pajak tingkat universitas dan sma,
    ada seminar, workshop dan tax expo..bener2 pajak dah.hehe trims 4 all..

  3. We all know that vitamins and minerals keep us healthy but how much should one consume on daily basis that most of us do not know and therefore,
    fall into problems. Look for details like these: For herbs, the specific species
    and part of the plant used should be listed. Probiotic supplements will give you the same benefits as food sources.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s