Green Zone Membuka Mata Penyebab Perang Irak

Selalu ada kepentingan dibalik terjadinya sesuatu, terutama Perang. Begitupun dengan perang Irak, ada kepentingan besar dibalik runtuhnya kekuasaan Saddam Husein yang akhirnya dieksekusi mati dengan alasan menjadi penjahat perang.

Ingatanku kembali ketika mengikuti perkembangan perang Irak melalui Dunia Dalam Berita milik TVRI. Aku selalu mengikuti perkembangan terbaru perang tersebut bersama kakekku. Kalo boleh dibilang itu masih zaman SD.

Aku selalu bertanya kenapa Irak diperangi, apa salah Irak. Dan kakek berkata “Itu kerjaan orang-orang yang punya kepentingan dan duit”. Aku terdiam karena tidak mengerti. Dan tidak berniat bertanya lagi.

Semalam ketika menonton bersama Telly dan Gita (teman seangkatan di Puteri Sumsel 2006) dan Mbak Dona (teman sekerjaku dulu) akhirnya mataku terbuka lebar.

Entah film Green Zone yang diperankan Matt Damon ini merupakan cerita kenyataan sebenarnya alasan terjadinya perang Irak atau hanya sekedar cerita belaka.

Film ini menceritakan Miller (Matt Damon) yang merupakan kepala pasukan khusus yang ditugaskan di Irak untuk mencari WMD (Weapons of Mass Destruction) alias senjata pemusnah massal.

Rasa curiga muncul karena setiap selesai menjalankan misinya tersebut dengan menyisir beberapa tempat yang dicurigai, Miller tak pernah berhasil menemukan WMD.

Merasa kesal karenaselalu menjalankan misi dengan hasil tangan kosong, Miller merasa ada yang tidak beres dengan badan intelejen dengan memberikan informasi palsu.

Ternyata Miller pun tidak sendiri, kepala CIA di Bagdad, Martin Brown (Brendan Gleeson) juga merasakan hal yang sama. Akhirnya mereka berdua sepakat untuk menemukan fakta yang sebenarnya terjadi.

Dan finally kenyataan sebenarnya terkuak…

Diriku menyayangkan kenapa perang ini harus terjadi, begitu banyak nyawa yang melayang karena perang, begitu banyak uang habis terkuras karena hanya kepentingan ego semata.

Semoga selalu ada perdamaian di negeri ini dan tak ada lagi perang…

28 thoughts on “Green Zone Membuka Mata Penyebab Perang Irak

  1. itu hanya film sis..jangan terlalu dipercaya 100%lah…film kebanyakan diangkat dari data yang minim dan 80%nya adalah dibuat2 alias imajinasinya aja..ok sis.. btw kita dah lama saling mngunjungi tapi kok blm ada link blog saya sis..padahal link blog dirimu udah ada tuh di sidebar blogku…ditunggu linknya sis

  2. assalamualaikum… salam kenal ukhti..

    wah filem ya, yg penting emang intinya damai di dunia inilah, tp ada yg baru tuh wolves in apa gituh haha..ya ttg penindasan oleh israel..

  3. ini bukan sekedar masalah ego, tapi masalah duit milyaran dollar dengan cadangan minyaknya yang melimpah ruah.liat saja sekarang, siapa yang memegang kekuasaan minyak di irak, kemana larinya emas dan harta yang dimiliki saddam?

    semua itu hanya kedok karena si polisi dunia ada yang menentang dan juga karena polisi dunia itu butuh banyak energi untuk menunjang kehidupanya

  4. wah saya gak tau ituu
    jadi pingin liad,,,

    blogwalking berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
    salam blogger
    maksih😀

  5. belum nonton filem ini, dan sepertinya susah buat bisa nonton di bioskop. sepertinya saya kudu nunggu sampe DVD-nya rilis.

    tematiknya kurang lebih sama dengan Hurt Locker ya mbak? dan rasanya bisa dijadiin satu genre dengan BODY OF LIES-nya Leo DiCaprio. selalu saja ada ‘sesuatu’ di balik perang dan konflik bersenjata di Timur Tengah😐

  6. memang mbak, saat ini negara-negara berkembang termasuk juga negara kita ini masih mudah untuk dikekang sama negara adidaya kayak amrik. makanya, kita sebagai orang-orang indonesia berkewajiban untuk menempa diri sebaik-baiknya biar bisa bersaing dengan orang-orang sono.
    biarlah saat ini mereka merasakan kemenangannya. tapi ingatlah bahwa suatu saat nanti, pasti akan ada hari dimana semuanya akan dibalas dengan balasan yang sangat kejam di akhirat sana. lihat saja😈

  7. Wah mbak, jangan terlalu serius menanggapi film. Apalagi kalau cuma fiksi. Itu kan cuma imajinasi pembuatnya. Kalau film-film fiksi ditanggapi serius, akan banyak kontroversi di masyarakat seperti film 2012, Da Vinci Code, atau Perang Bubat yang bahkan blum dibuat. Ujung-ujungnya malah film itu dicekal karena dianggap meresahkan. Kan gawat, mbak..🙂

    Salam..

  8. PERANG IRAK MERUPAKAN KEMENANGAN STRATEGI OSAMA BIN LADEN,MEMINDAHKAN ZONA PERANG DARI AS KE IRAK,PAKISTAN DAN AFGANISTAN. SEBAB SULIT UTK MEMERANGI AS DINEGARANYA SENDIRI. JADI……. BODOHLAH AS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s