Karma, Percayakah ???

“Karma… adakah karma itu, kamu percaya karma itu ada ?”

Seseorang bertanya padaku, dan aku diam… Hmmm… aku tidak tahu, “Apakah ada yang namanya hukum karma dalam Islam?”. Entahlah…  yang kutahu teman-teman yang beragama Hindu percaya akan hukum karma, jawabku sekenanya.

Masih ingat apa kata orang-orang tua dulu, bila kita berbuat jahat terhadap orang lain, suatu saat kita pasti akan menerima balasan yang sama atas kejahatan tersebut?

Kebanyakan dari kita baru mempercayai adanya hukum karma saat kita sendiri yang jadi korban. Tapi kita menapikan dan tidak mengakui adanya hukum karma tersebut saat kita sendiri yang menjadi pelaku atas sebuah kebohongan, pengkhianatan atau sebuah kejahatan.

Jadi masih percayakah anda dengan hukum karma?

Kita harus belajar berpikir positif kepada Allah bahwa dengan kejadian yang kita anggap buruk yang kita alami, sebenarnya Allah hanya sedang membantu kita untuk menjadi lebih kuat.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagi kamu. Dan boleh jadi kamu mencintai sesuatu, padahal ia amat buruk bagi kamu. Allah Maha Mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui. ” (Q.S.2:216).

Ada pepatah yang mengatakan “sesuatu yang tidak membunuhmu, hanya akan menjadikanmu lebih kuat”?

“Karena itu barangsiapa yang mengerjakan kebaikan meski seberat debu, dia pasti akan melihatnya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan meski seberat atom pun, dia pasti akan melihat (balasan) nya pula” (Q.S.99: 7 & 8).

Saya percaya hukum sebab akibat dan pastinya Allah ingin kita selalu berhati-hati dalam berpikir dan bertindak baik pada Nya, pada diri sendiri apalagi pada orang lain karena semua yang kita lakukan selalu saja kembali pada diri kita.

Bukankah siapa menabur angin akan menuai badai atau apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai !

Wallahu a’lam

Iklan

21 thoughts on “Karma, Percayakah ???

  1. kata orang hukum karma itu berlaku… apa yang kita lakukan hari ini akan ada balasannya di hari depan .. mungkin esok, atau esoknya lagi atau entah kapan ???
    yang jelas heee .. karma berlaku deh….

  2. Bener itu komentar diatas ini, dalam Islam gak ada yg namanya karma, monggo dicari dlm Qur’an kl gak yakin 😀

    Yg ada dlm Islam setiap perbuatan pasti ada ganjarannya masing2. Berdasarkan pengalaman bahas ini sm salah satu “ukhti” n pernah denger ceramah seorang ustadz long2 time ago. 🙂

  3. Kita semua ini adalah karma, karna sudah menjadi bagian dari kehidupan. Karma tak ada bedanya dgn hukum sebab akibat atau hukum keseimbangan. Mungkin hanya cara pengucapan yg berbeda, meski hakekatnya tetep aja sama.
    Gak ada ceritanya, tanam padi muncul jagung. Itu sudah menjadi kodrat alam, dan kita semua adalah salah satu dari bagiannya.

    Salam hangat, salam damai selalu… 🙂

  4. Kalau di Fisika ada hukum aksi reaksi, kalau kita ada sebab ada akibat. Mungkin sulit untuk dibuktikan sehingga orang bisa melihat bahwa hal itu nyata.

    Namun sesuatu yang tidak bisa dibuktikan bukan berarti tidak membuat kita menjauhi hal-hal yang baik bukan 🙂

  5. wah..ngiler liat buku2nya mbak suzan, pengen pinjem :mrgreen:

    saya juga penikmat buku, skrg lg menyelesaikan buku Puasa Cinta, nanti akan menyusul Character Buiding, buku yg didapat dr kopdar buku 😀

  6. Setiap perbuatan manusia baik positip atau negatip ada
    imbalannya ” HUKUM SEBAB AKIBAT ” contoh paling gampang
    mencuri ketahuan celaka…..dipukuli masa/masukpenjara dan kiranya banyak contoh lainya mengenai apa nama atau istilahnya serahkan saja kepada kepergayaanja masing -masing APA ARTI NAMA aoabila intinya sebenar nya samasekian WASALAM.

  7. Assalammu;alaikum………
    Mungkin dalam Islam/Al quran memang ga ada kata “karma” ……..
    Tapi menurut saya kalau dalam Al quran , mungkin ini lebih pas kepada hukum karma atau hukum sebab akibat => surat 17/al isro ayat 7 : Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri,

    Salam kenal dari blogger Purbalingga…. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s