14 Blades

Hmmmm… sudah cukup lama ingin menonton film Mandarin yang bermutu. Film ini bisa menjadi penerus box office kayak Crouching Tiger Hidden Dragon dan The Curse of Golden Flower. Inilah film Mandarin yang berkualitas, baik dari bidang sinematografi, akting, sampai esensi dari cerita itu sendiri.

Dengan latar Dinasti Ming, film ini bercerita tentang kekaisaran yang membentuk sebuah organisasi pengawal kekaisaran. Di zaman modern, tak ubahnya seperti badan intelijen pemerintah yang dididik dan dilatih dengan cara yang kejam dan tidak wajar.

Para pengawal kekaisaran ini disebut Jinyiwei.  Masing-masing memegang senjata yang terdiri dari 14 buah pedang: 8 digunakan untuk menyiksa, 5 untuk membunuh, dan 1 pedang khusus untuk bunuh diri sendiri jika misi tidak berhasil diselesaikan. Para Jinyiwei sangat ditakuti di seluruh dataran China karena terkenal dengan kebengisannya saat menghabisi sasaran.

Tema konspirasi dan pengkhianatan tetap  menjadi andalan, begitupun di film ini. Para Jinyiwei yang berkhianat berusaha menyingkirkan Jinyiwei yang masih setia pada kaisar.

Misi ini pun jatuh ke tangan Qinlong (Donnie Yen), salah satu Jinyiwei terbaik yang dimiliki Kekaisaran. Para Jinyiwei yang memiliki niat tidak baik tersebut menginginkan segel kerajaan untuk memuluskan tujuan mereka.

Film ini pun tidak seperti film China kebanyakan, karena disini  bermain dengan gurun pasir dan mencampurkan sedikit nuansa Mongol di dalamnya. Para wanita di film ini tampak perkasa dengan jubah, boot, dan ikat kepala.

Kalo itikkecil bilang 14 Blades seperti film koboi, bahkan karakter Qinlong nyaris sama dengan Sherlock Homes yang diperankan Robert Downey Jr. Hanya saja menariknya Daniel Lee  memasukkan unsur Arab untuk mempermanis film ini.

Selama nonton film ini bersama Arie, itikkecil en mba Lies diriku cekakak cekikik terus sama mbak Lies karena membayangkan Wu Chun ama Donnie Yen, aggggrhrrrr… hihihihiih… liat tatonya eh salah badannya kedua pemain gak tahan. Istighfar zan… 😀

Iklan

12 thoughts on “14 Blades

  1. wuah jadinya ini sherlock holmes versi mandarin dengan sedikit nuansa arab yah.. huehe. banyak sih memang yg bilang film ini bagus. jd penasaran walaupun saya bukan penggemar film mandarin 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s