Milih … Gak Milih … Milih… ???

numbers-cartoon013

Aduh pusing….

Milih… gak milih… milih … ???

Aduh gimana dong ??? harus pilih yang mana, bingung nih ???

Abisnya partai banyak sekali, nama calon legislatif juga banyak sekali, kertas milih juga gede banget…

Lagian hari gini mo percaya ma caleg, ke laut aja deh …

Haaaaaaaaaa…

Itulah sepenggal uneg – uneg yang disampaikan temanku, ketika aku bertanya apakah dia mau memilih atau enggak.

Sebenarnya ini juga terjadi hampir di sebagian wilayah di Indonesia, sama seperti berita yang dimuat kompas hari ini tentang angka pemilih bimbang besar.

partai

Isinya seperti ini

Mendekati hari pemungutan suara, proporsi calon pemilih yang belum memutuskan pilihan politik mereka (undecided voters) masih cukup besar. Apabila tidak terdapat perubahan berarti yang mampu memastikan keyakinan pilihan politik, kemungkinan besar kelompok ini tidak menggunakan hak pilihnya.

Kesimpulan demikian menjadi salah satu temuan survei opini publik yang dilakukan Litbang Kompas di 33 provinsi pada 20 Februari-3 Maret 2009. Survei yang menjaring 3.000 responden di kawasan perkotaan maupun pedesaan ini secara khusus diselenggarakan untuk mengamati perilaku para pemilih menjelang pemilihan umum legislatif pada 9 April 2009.

Masih cukup besarnya calon pemilih yang belum memutuskan pilihan politik mereka itu tampak dari sekitar 22,5 persen responden yang mengaku “tidak tahu” terhadap pilihan politik yang akan mereka ambil pada saat pemilu mendatang. Selain itu, terdapat pula 16,9 persen responden yang masih merahasiakan pilihan politik mereka.

Pemilu legislatif diikuti 38 partai politik nasional dan enam partai politik lokal di Aceh serta 11.219 calon anggota legislatif untuk DPR. Selain anggota DPR, pemilu 9 April juga akan memilih anggota DPRD provinsi, DPRD kota/kabupaten, dan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Bagi pemilih di DKI Jakarta, mereka hanya memilih anggota DPR, DPD, dan DPRD provinsi.

Sebaliknya, hasil survei juga menunjukkan terdapat sekitar 60,6 persen responden yang telah menentukan pilihan politik mereka.

Jika ditelusuri, dari sedemikian besar responden yang belum menentukan pilihannya itu, hampir separuh bagian adalah mereka yang sejak dini memilih tidak akan berpartisipasi dalam pemilu kali ini.

Ada beragam alasan yang menyertai keputusan tersebut, di antaranya kendala teknis yang sejak awal membuat mereka enggan hadir di bilik suara pemilu. Nama yang belum terdaftar, jarak tempuh ke tempat pemungutan suara, dan rencana untuk bepergian ataupun memprioritaskan kegiatan lain selain pemilu menjadi alasan ketidakikutsertaan mereka.

Di samping alasan yang bersifat teknis tersebut, terdapat pula kelompok responden yang enggan menggunakan hak pilih didasarkan pada alasan ketidakpercayaan kepada partai politik atau pemilu itu sendiri.

Selain kelompok yang sejak dini telah menyatakan tidak ikut pemilu, terdapat pula responden yang memang belum menjatuhkan pilihan politiknya. Kelompok demikian tergolong berpotensi tidak mengikuti pemilu. Dikatakan demikian karena hingga saat survei dilakukan, kelompok ini sama sekali masih belum tahu apa yang akan mereka pilih atau apa yang mereka lakukan saat pemilu berlangsung.

Apabila tidak terdapat perubahan berarti yang mampu memastikan keyakinan pilihan politik mereka menjelang hari pemungutan suara, kemungkinan besar kelompok ini memilih tidak menggunakan hak pilihnya.

Dari ulasan berita diatas dapat dipastikan masyarakat yang tidak memilih seperti temanku itu, akan sangat besar dan mencolok. Dan udah percuma aja ada fatwa HARAM untuk GOLPUT, karena suara tidak bisa dipaksakan, kalo dipaksakan toh sama aja melanggar Hak Azazi Manusia.

ada-apa-dengan-golput-00

Waduh urusannya jadi berabe dunk… ya mo gimana lagi kalo tingkat keyakinan dan kepercayaan dari masyarakat udah sangat rendah sekali.

Sekarang jadwal untuk mencontreng tinggal MENGHITUNG HARI kayak lagu aja , ya iyalah 9 April 2009 udah dihitung mundur nih, apalagi upaya yang dilakukan PARTAI dan para CALON LEGISLATIF untuk merayu masyarakat agar memilih mereka.

Kalo anda sendiri mau milih … gak milih … milih…

Saya …

Uhhhhh …. Mau tau aja … !!!!

SITU GINTUNG RIWAYATMU… ???

situ-gintung

Kawasan wisata Situ Gintung mempunyai keanekaragaman flora dan fauna. Yang menjadi ciri khas adalah berupa Ikan Beloso. Kita bisa berolahraga, memancing dan berperahu. Beragam fasilitas seperti rumah makan, perahu layer, motorboat, taman rekreasi, lapangan tennis, kolam renang dan pondok wisata.

situ-gintung21Bahkan pernah terpikir oleh diriku untuk melakukan foto session di lokasi tersebut.

situ-gintung7

Namun sayang pemandangan diatas sudah tidak bisa dilihat lagi di kawasan Danau Situ Gintung setelah tragedi mengerikan terjadi di kawasan konservasi alam tersebut.

Tragedi yang terjadi 27 Maret 2009 tersebut hingga kini telah menewaskan lebih dari 99 orang dan masih banyak korban yang hingga kini belum ditemukan.

Keluarga korban menanti dengan cemas. Mereka berharap petugas secepatnya menemukan keluarga yang hilang.

Untuk mencari korban tewas maupun hilang, petugas mengerahkan 6 alat berat berupa beko dan mobil amfibi milik TNI yang bisa berjalan di tanah licin. Alat berat ini mengeruk tanah di sisi anak Kali Pesanggrahan.

Tidak hanya korban jiwa dari kejadian ini, tapi juga korban materiil, rumah tempat bernaung kini telah hilang diterjang air.

Pemandangan miris terjadi saat banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan lokasi jebolnya tanggul situ gintung. Entah apa yang ada di pikiran mereka, ditengah duka melanda seperti saat ini. Hal ini pun membuat tim SAR kesulitan melakukan pencarian. Lokasi ini pun berubah menjadi tempat wisata baru.

situ-gintung3

Kini banyak pihak bertanya ini SALAH SIAPA ??? Karena peringatan terhadap bencana ini telah ada sejak September 2008 ketika air di tanggul mulai merembes, dari retakan di tanggul tersebut.

situ-gintung4

Fungsi tanggul yang awalnya sebagai penampungan untuk irigasi kini berganti sebagai penampungan air hujan dan aliran air seperti dari Bogor. Areal persawahan kini berganti dengan perumahan penduduk.

situ-gintung5

Jika bertanya salah siapa ,  korban situ gintung yang kehilangan keluarga dan tempat tinggal serta harta bendanya yang lain, akan menuntut pemerintah yang lalai terhadap bencana.

Sementara pemerintah kembali akan membangun situ gintung sebagai kawasan konservasi alam, dan akan merelokasi perumahan penduduk yang ada di situ gintung tersebut.

Semoga seluruh korban yang mendapatkan cobaan ini dapat bersabar dan tentunya kita bisa mengambil hikmah dari semua kejadian ini.

SATU JAM TANPA LISTRIK

earthhourlogo

Satu jam tanpa listrik bagaimana kah ???

Apakah akan MATI … oh tentu tidak, toh tanpa listrik kita masih bisa hidup.

So untuk berpartisipasi pada jam bumi (earth hour)  di tanggal 28 Maret 2009 pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat, dimanapun kita berada, kita semua harus mematikan listrik selama satu jam.

Hayo pada mau gak ???

Jam bumi (earth hour), merupakan program untuk menyelamatkan bumi karena tanpa listrik selama satu jam, program yang dipemrakarsa oleh WWF ini dipercaya mampu mendinginkan bumi.

Terdapat 81 negara di dunia pada jam tersebut “bersatu-padu” untuk sejenak “mendinginkan” bumi dari serangan pemanasan global.

Earth Hour dipelopori pertama kali oleh WWF Australia dan baru dilaksanakan secara mendunia di tahun 2008. Di tahun 2008 tersebut baru 35 negara yang berpartisipasi. Kini, di tahun 2009, rencananya 81 negara akan berpartisipasi untuk melaksakan Earth Hour ini, dan Indonesia adalah satu di antaranya.

Awalnya saya tidak terlalu memperhatikan akan pentingnya lingkungan, tapi setelah melihat semua dampak pemanasan global, saya sadar ini saatnya kita bersatu padu untuk menyelamatkan bumi kita.

Karena ini adalah tempat tinggal kita dan akan diwariskan kepada anak cucu kita.

Apa pentingnya mematikan lampu ataupun peralatan elektronik lainnya, dengan hal tersebut kita dapat mendinginkan bumi dari serangan pemanasan global.

Penyebabnya ada pada lampu hemat energi yang biasa kita gunakan, misalnya, hanya kira-kira 10% dari energi yang digunakan dapat diubah menjadi cahaya yang kita perlukan untuk menerangi ruangan, sementara sisanya yang 90% akan diubah menjadi panas.

Artinya kita sudah mengurangi pancaran panas dari  lampu-lampu dan  peralatan elektronik lainnya. Dan tentunya konsumsi bahan bakar  pada pembangkit tenaga listrik dapat berkurang artinya ada penghematan yang cukup besar. Emisi gas CO2 dapat berkurang secara signifikan.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap konsumsi bahan bakar hidrokarbon seperti minyak atau batu bara akan menghasilkan gas CO2yang bersifat seperti gas rumah kaca yang dapat mencegah panas keluar dari atmosfir bumi ini, sehingga dengan banyaknya gas CO2 di atmosfir maka dapat meningkatkan suhu di permukaan bumi.

Tentunya membawa dampak-dampak yang negatif dalam lingkungan hidup kita di bumi ini.

Ayo sayangi BUMI kita …

Do’a Para Lajang

suzan1

Cerita soal lajang , kebanyakan buat orang sedih, karena tuntutan untuk menikah cepet-cepet dari orang tua, temen sampe bos kita.

Hahahhah. banyak alasan menyebabkan orang masih melajang,  entah dengan alasan apapun saat ini belum menikah, mungkin karena belum siap, jodoh belum dateng ataupun karena hal lainnya seperti trauma, dan akhirnya dilangkah sama adiknya yang menikah duluan, ayo jangan bersedih. 

Masih banyak impian yang bisa kita lakukan, dan hidup ini sangat berharga hanya untuk didiamkan saja, lagian hidup hanya satu kali, nikmatilah, ambil langkah positif, bantu orang sebanyak mungkin, jalan ama temen, manjakan dirimu dan bahagiakan orang-orang yang kau cintai seperti orang tua, adik, kakak ataupun keluargamu.

Mumpung masih bisa melakukan semua hal tersebut dan sebelum terlambat daripada nanti menyesal, toh menyesal kemudian tak ada artinya kan.

buat para lajang jangan sedih, tetap semangat…. 

nih dapet kiriman do’a dari tanteku yang juga masih melajang… 

Thank’s God, untuk … 

Kemerdekaan menjalani hidup 

Keleluasaan mengejar karier 

Waktu melimpah untuk hang-out 

Masa yang panjang untuk bersenang-senang 

Tidur yang nyenyak tanpa dengkuran 

Kemewahan untuk menikmati kesendirian dan banyak lagi yang terlalu panjang untuk kami sebut semua dalam doa kami 

Beri kami kesabaran untuk … 

Tidak kurang ajar menghadapi tuntutan orang tua 

Selalu tersenyum bila ditanya mengapa keenakan melajang 

Tidak tertawa atas curhat tentang urusan rumah tangga 

Berikan kami kekuatan untuk ….

Tidak melepas masa lajang karena everybody does          

Tidak melepas masa lajang karena dianggap menghalangi jalan adik kami                                                        

Tidak melepas masa lajang karena terlanjur berbadan dua

Tidak melepas masa lajang untuk bayar utang   

Dear God,                                                                      

Biarkan kami menikmati kesendirian kami                        

Dan merelakannya pergi pada waktunya                            

Atau bila kau anggap kami terlalu egois bersenang – senang sendiri                                                          

Berikan kami teman terbaik untuk berbagi kesenangan    

The good one, of course, if You don’t mind…. Amien  

Nah gimana do’a diatas, ya rada nyeleneh sih, jangan tersinggung karena ini gak ada maksud sama sekali untuk menyinggung loh. 

O ya balik lagi nih, pada inget sama lagu Opie Andaresta kan judulnya Single Happy    

        

mereka bilang aku pemilih dan kesepian
terlalu keras menjalani hidup
beribu nasehat dan petuah yang diberikan
berharap hidupku bahagia

reff:
aku baik baik saja
menikmati hidup yang aku punya
hidupku sangat sempurna
I’m single and very happy
mengejar mimpi mimpi indah
bebas lakukan yang aku suka
berteman dengan siapa saja
I’m single and very happy

mereka bilang sudah saatnya karena usia
untuk mencari sang kekasih hati
tapi kuyakin akan datang pasangan jiwaku
pada waktu dan cara yang indah

back to reff :

waktu terus berjalan tak bisa dihentikan 

kuinginkan yang terbaik untuk hidupku 

 

So, tunggu apalagi… Nikmati Hidup, banyak alasan kenapa kita pantas BAHAGIA 

DEMAM FACEBOOK DEMAM

facebook-suzan

Hari gini siapa yang tidak mengenal facebook, mulai dari anak SD, SMP, SMA, mahasiswa ataupun kalangan pekerja. Mulai dari orang biasa, sampe artis dan pejabat ikut berfacebook ria. Kalo gak ikutan buat facebook dibilangin gak ngikutin perkembangan zaman, GAPTEK atau apalah.

Pada saat pertama kali buat facebook sekitar taon 2006 akhir , itu hanya sekedar iseng, baru taon 2008 – an facebooknya bener-bener dipake.

Anehnya nih dalam satu bulan terakhir, facebook semakin menggila di Palembang, termasuk kantorku. Pengguna situs jejaring sosial ini, juga digunakan oleh managemen di kantorku, termasuk GM – ku di PALTV.

Kayaknya kalo pas online harus rada sopan dikit, gak mungkin lah update profile nya kerja terus hahahahhaha.

Sepertinya orang udah pada jenuh ama  friendster sama kayak diriku, udah lama gak pernah update FS, termasuk blog FS udah lama banget gak diupdate heheheheh.

Enaknya pake facebook ya selain sangatlah bermanfaat, seperti bisa menambah teman baru, bisa  saling bertukar informasi, yang pasti bisa chat juga kayak YM atau sejenisnya.

Lagian sekarang warnet udah menjamur dan biayanya juga murah, jadi bagi yang punya kocek sedikit bisa ke warnet, ataupun hampir di setiap mall ada koneksi Wi-Fi so bisa pake laptop atau pake hape yang ada fasilitas Wi-Fi nya yang pasti bisa mempermudah untuk update terus.    

Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg, seorang programer komputer dan pengusaha asal Amerika. Tujuan awalnya adalah sebagai media untuk saling mengenal antarsesama mahasiswa Harvard. Dalam waktu dua pekan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki akun di facebook.
    
Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan facebook dan akhirnya berkembang luas seperti sekarang.
    
Dalam perkembangannya, saat ini diperkirakan terdapat penambahan sekitar 100.000 akun baru setiap harinya di seluruh dunia. Lebih 25 juta pengguna aktif diperkirakan juga menggunakan facebook setiap harinya.

Nah bagi yang belum punya facebook, apakah mau join dan ikut berfacebook ria bareng kita.

Serunya Nyiapin Pernikahan Abang…

hantaran1

Pagi tadi ibu bercerita soal persiapan pernikahan abang (Remon, adikku nomor satu dan satu-satunya adik laki-laki), semua persiapan sudah mencapai 90 persen dan tinggal melengkapi kebutuhan yang kecil – kecil saja, dan tentu saja tinggal menghitung hari.

Untuk persiapan secara umum telah selesai, seperti mahar, mas kawin, termasuk foto pernikahan. Dan sekarang tinggal pernak pernik yang kecil-kecil saja untuk melengkapi hantaran ataupun kebutuhan serah – serahan. 

Sebenarnya adikku telah merencanakan pernikahan sejak jauh hari, kemarin sih tanggal 080808 ngambil moment tanggal keren itu, menggantikan posisiku, tapi batal diundurkan sampai Oktober dan akhirnya mundur sampai 12 April 2009. 

Akad nikahnya sih tanggal 10 April 2009, satu hari sesudah PEMILU Legislatif, hmmmm… tinggal menghitung hari aja nih.

Persiapan di rumah tidak terlalu repot seperti persiapan mempelai wanita, calon adik iparku hehhehehe. Ya karena kita dari pihak lelaki sih, paling kemarin mulai mencari pernak – pernik untuk hantaran, mulai dari kepala sampai kaki, seru juga loh.

Lagian udah ada pengalaman 4 tahun yang lalu, diriku juga pernah sibuk menyiapkan hantaran bersama calon ibu mertua hehehhe, tapi karena gak jodoh, akhirnya gak jadi, lucu juga mengenang hal itu.

Balik lagi ke persiapan adik, dari hal ini ternyata hubunganku dengan ibu dan ayah semakin membaik, karena ternyata dengan menerima masa lalu dan mulai menatap masa depan, semua terasa lebih baik. 

Saudara Tetap Saudara

suzan-en-sista

suzan-en-sista-1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hubungan saudara kandung sangat kuat, ibarat memutus aliran air, sehingga betapapun keras berusaha untuk menghilangkan ikatan persaudaraan kandung, tetap ada hubungan darah.

Hubungan darah itu, yang tidak ada bekasnya, karena tentu saja tidak ada bekas saudara kan, bekas kakak, bekas adik. Hahhahahah… sama seperti tidak ada bekas ayah ataupun bekas ibu. Seperti itulah ikatan pertalian saudara kandung.

Betapapun kita berselisih paham, selayaknya kita menyadari akan hal tersebut. Terkadang ada yang melupakan ikatan persaudaraan satu darah, ada yang tega membunuh saudara kandungnya sendiri, hanya karena selisih paham.

Padahal permasalahan tersebut terkadang masih bisa diselesaikan dengan berdialog.

Waduh… kepanjangan nih petuahnya, maksudnya ni mo curhat, nih gara-gara tulisan ibu yang ditempelkan di lemari buku.

Hanya gara – gara keputusan adikku untuk mundur dari bisnis yang kita jalankan dan lebih memilih orang lain, akhirnya diriku bersikap profesional, apapun yang berhubungan dengan bisnis diriku, tidak boleh diotak – atik ama dia lagi.

Dan karena adik bungsuku ini terus mengganggu alat bisnisku, diriku menuliskan untuk berlaku profesional, tapi apa mau dikata dia tidak mengerti apa yang kutuliskan, sampai akhirnya aku berbicara ama dia dan rekanannya, untuk berlaku profesional.

Karena rekanannya termasuk orang koleris (super ngotot) dan memaksa diriku (aku yang paling tidak suka dipaksa) aku berkata tidak ada hubungan dia mau pindah ke bisnis siapa dan ikut siapa, tapi karena dia menggunakan alat bisnisku dan itu yang harus yang diperhatikan dan berlaku profesional.

Dan aku lebih memilih untuk meninggalkan mereka berdua. Keesokan harinya aku melihat ada tulisan yang menempel di lemari bukuku. “Saudara Tetap Saudara, Tidak ada yang bisa memutuskan tali saudara kandung,  Walaupun Hubungan Bisnis sekalipun “.

Akhirnya aku bertanya pada ibu, dan beliau berkata karena Ayah yang berkata hubungan diriku dan adikku menjadi tidak sehat karena hal tersebut, kita semua akhirnya tertawa, karena sebenarnya tidak terjadi apapun. 

Ya karena Saudara tetap Saudara.

Karena keluarga kita adalah hal terpenting dalam hidup ini, dari mereka kita lahir menjadi seperti saat ini, mereka yang  menguatkan kita, adik, kakak, ayah dan ibu, kasih sayang mereka yang membuat kita menjadi besar dan hebat. 

”Terimakasih ya dek, sekarang dirimu semakin memotivasi kakak untuk menjadi yang terbaik dan memberikan yang terbaik untuk keluarga kita.

Teruntuk ibu tercinta terima kasih karena telah menyampaikan hikmah-hikmah kehidupan dengan kalimat-kalimat terindah.

Saat kita merenungkan apa arti saudara kandung bagi kita, mari kita yakinkan diri bahwa merekalah orang-orang pertama yang paling berjasa dalam kehidupan kita, tidak ada bentuk pamrih dan terus memberikan motivasi dengan cinta dan kasih sayang. 

Lakukan yang terbaik untuk orang – orang yang anda cintai, sebelum anda terlambat.