63 Tahun Indonesia Merdeka

Wah 63 tahun sudah Indonesia merdeka, tapi aku bertanya apakah negeri ini sudah benar – benar MERDEKA… ???? Pertanyaan itu terlintas dari SMS yang masuk ke teleponku kemarin, SMS itu kuterima dari Mas Sugeng Deas dari Jawa Pos…. Isi SMS – nya seperti ini

” Selamat sore cewek cantik yang cerdas, katanya 63 tahun Indonesia Merdeka, apa yang kau harapkan dari negeri yang kacau balau?…! MERDEKA!!!

Sempet tergelitik juga baca SMS – nya jadi bingung juga mo balas apa…. tapi akhirnya ku balas juga SMS dari Mas Sugeng sepeti …

“Walah…. Bingung juga mo jawabnya yang pasti dapat lebih damai dan lebih nyaman dari sekarang”

Sangat klise sih jawabnya, tapi sebenarnya ini jawaban standar dari  hampir kebanyakan dari masyarakat Indonesia. Tapi kalo boleh bertanya lagi …. apakah Indonesia sudah damai sekarang, dan apakah sudah ada kenyamanan di Indonesia.

Kalo boleh berbicara yang baru terjadi mungkin untuk Olympiade Beijing 2008, Indonesia mendapatkan apa disana ????? Hingga kini terus bertanya kenapa kini Indonesia kembali terjajah untuk perolehan medali. Dilihat dari segi ekonomi dan bisnis seperti itu juga, modal asing kini menguasai negeri ini, lihat saja berapa banyak perusahaan asing yang menguasai pasar Indonesia.

Kadang berpikir Indonesia yang kaya dengan begitu banyak sumber daya alamnya, malah tidak bisa menikmatinya, banyak yang menjadi pemilik bisnis itu orang luar, Indonesia menjadi tamu di negerinya sendiri.

Ironis memang, Indonesia selalu dikendalikan oleh orang lain. Kemerdekaan apa yang seperti apa yang diharapkan rakyat negeri ini, kemana letak kesadaran orang itu, koq mereka masih sibuk memikirkan diri sendiri, sibuk memperkaya diri sendiri.

Ah…. Indonesia-ku , kapan Indonesia ini kembali menikmati masa kejayaannya, tapi kembali lagi bertanya … apakah Indonesia pernah memiliki masa kejayaan. Pusing juga, di 63 tahun kemerdekaan, masih banyak Pe-eR yang belum selesai, masih banyak pertanyaan yang belum dijawab.

Kini tinggal kita yang memilahnya, apakah kita akan terus terbuai dalam buaian mimpi, atau kita akan keluar dari mimpi dan mewujudkan semua impian kita. Hidup itu memang membutuhkan perjuangan, dan selama kita masih bernafas, kita harus berjuang.

Sama seperti Indonesia yang akan terus berjuang, meski sudah 63 tahun Merdeka.

Iklan

3 thoughts on “63 Tahun Indonesia Merdeka

  1. hm.. kalau menurut Bapak saya 😀 *perasaan suzan ga tanya pendapat ortuku deh*, jelas Indonesia sudah merdeka banget sekarang, jika dibandingkan dengan tahun kelahiran Beliau tentunya hehehe.
    dan kalau menurut saya sendiri, jelas saya sudah merdeka. merdeka memilih pasangan, merdeka memilih pekerjaan, dan inginnya sih bisa merdeka dari segi finansial.. 😀

    entah kalau menurut warga negara indonesia lainnya yang berjubel diantara padatnya rumah kumuh jakarta… apa mereka merasa merdeka juga? merdeka memilih tempat tinggal mungkin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s