The Starbucks Experience

Akhirnya selesai juga baca The Starbucks Experience, berapa hari ya, kayaknya lama banget, cukup berat tapi menarik banget.

Perlu berulang kali memahami kata – kata Joseph Michelli di The Starbucks Experience. Tapi Alhamdulillah selesai juga, nah buku ini siap pindah tangan, coz udah ada yang mo pinjem. Aku baru satu kali ke Starbucks itupun cuma sebentar aja. Karena hanya penasaran doang, karena udah dikejar pesawat, heheheh balik ke Palembang.

Sebagai orang yang 3 tahun menyukai kopi, memang rasa yang ditawarkan Starbucks sangat unik. Meski harga yang ditawarkan Starbucks jauh lebih mahal dibanding tempat yang lain.

O iya balik lagi ke buku ini, ada satu hal penting yang saya dapatkan dari buku itu: Tentang pentingnya memberikan kejutan.

Dari 5 prinsip yang ditawarkan Starbucks :

1. Lakukan dengan cara anda

2. Semuanya penting

3. Suprise and delight

4. Terbuka dengan kritik

5. Leave Your mark

Aku terkesan dengan Suprise and Delight terlebih kisah Bernadette sang orang tua tinggal, Ibu 3 anak ini, semakin bertambah bebannya, karena menyelamatkan 6 keponakannya agar tidak diasuh negara. Akhirnya seluruh rekan kerja Bernadette sepakat mengirim surat kepada Oprah Winfrey untuk memberikan rumah kepada Bernadette, tanpa diketahui Bernadette.

Akhirnya Oprah Winfrey menyetujuinya, secara mendadak oprah mendatangi counter Bernadette dan mengajak Bernadette jalan – jalan , beserta anak-anaknya, mereka berbelanja dan akhirnya jalan – jalan tiba ke satu rumah, yang disana telah berkumpul rekan kerja Bernadette. Akhirnya Bernadette mendapatkan satu rumah baru untuk seluruh keluarga, untuk anak – anak dan keponakannya.

Starbucks berhasil menggabungkan antara layanan yang memuaskan dan memberikan pelajaran tentang kopi kepada para pelanggan. Mereka dengan telaten mengenalkan kopi dengan seluk beluknya dan  cara menikmati kopi dengan baik dan benar. Seseorang yang awalnya buta tentang kopi,  akan semakin tahu kopi apa yang enak dan bagaimana meramunya. Para Barista  dengan senang hati membantu pelanggan belajar segala hal tentang kopi.

Selain itu mereka tak lupa untuk selalu memberikan kejutan dan pengalaman berkesan untuk setiap pelanggan baik baru maupun lama. Ya wajar saja jika satu cup Frappucino ditebus dengan harga 50 ribu rupiah.

<!– –>

Iklan

2 thoughts on “The Starbucks Experience

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s