BBM Naik Dunia Industri Menjerit

Naiknya harga Bahan Bakar Minyak, tak ayal membuat dunia industri ikut terimbas. Begitu pun dengan ongkos produksi karet , yang juga ikut melambung.

Hal ini diungkapkan Ketua Gapkindo Sumsel-Alex Kurniawan Edy. Dengan naiknya harga BBM , ongkos produksi karet akan melambung. Pasalnya, proses produksi karet membutuhkan peralatan , seperti mesin dan suku cadang. Selain itu, untuk memproduksi 1 ton karet , dibutuhkan 35 liter solar.

Sementara harga solar untuk kebutuhan industri, sebesar 10 ribu 150 rupiah per liter/ yang harganya mengikuti pasaran dunia.

Untuk mengantisipasi kenaikan BBM ini,Alex menganjurkan kepada para anggota Gapkindo, agar menggunakan energi alternatif seperti gas dan batubara.

Disisi lain, dampak kenaikan harga BBM juga akan dirasakan dunia industri kecil, seperti usaha makanan kecil , yang karena rencana kenaikan BBM justru telah memicu kenaikan harga sembako, baik dari terigu, gula maupun minyak goreng. Hal ini pun membuat pihaknya mensiasati dengan mengurangi dagangannya.

Hal serupa akan dirasakan lagi sopir speed boat di Palembang, yang karena kenaikan harga BBM akan menaikkan ongkos angkutan. Kondisi ini membuat penumpang memilih angkutan lain, daripada angkutan sungai.

Seperti ongkos angkutan Palembang – OKI yang dibandrol Rp 30.000,- , dengan kebutuhan 50 liter bensin per hari dengan 10 penumpang, mengakibatkan keuntungan yang didapat sangat minim.

Saat ini / telah terdapat 3 atau 4 pabrik yang telah menggunakan energi alternatif ini// Dengan menggunakan energi alternatif ini / lebih efisien untuk menekan ongkos produksi hingga 60 persen//

One thought on “BBM Naik Dunia Industri Menjerit

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s