Hidup Adalah Perlombaan “All is Well”

23 Mar

“Hidup adalah sebuah perlombaan, jika Anda tidak cukup cepat, maka Anda akan diinjak-injak,” begitulah pesan rektor Virus Sahastrabudhhe (boman Irani) saat menyambut para mahasiswa baru di kampus ICE.

Wah… gila aja nih kata-kata ini menusuk sekali. Akhirnya mengerti juga apa perkataan dari rektor di film 3 Idiots, pasalnya pas nonton pertama masih di dvd bajakan dengan teks bahasa yang acakadut… *nepokjidat* … :p Film ini pun rilis di Palembang dan bersama dengan Jafis, Mbak Ira beserta adik dan keponakannya kita nonton film yang sarat makna ini.

Film ini bercerita tentang tradisi di India, bahwa setiap anak yang baru lahir akan langsung dicap untuk memiliki status. Jika anak laki-laki, maka ia harus menjadi insinyur, sementara jika anak perempuan maka harus menjadi seorang dokter. Taruhannya sangat tinggi, siswa yang orangtuanya mengorbankan segalanya untuk pendidikan, diharapkan mencapai puncak kesuksesan.

Namun ada tiga siswa cerdas yakni Farhan (R. Madhavan), Raju (Sharman Joshi) dan Rancho (Aamir Khan) yang sadar jika masa depan mereka tidak benar-benar tertulis dalam buku-buku teknik. Yang lebih penting justru mengejar mimpi. Virus sendiri merupakan rektor yang ortodoks, kolot, keras kepala, tak punya belas kasihan. Alhasil, ia jadi musuh bersama plus keberadaan Chatur Ramalingam, yang menyebalkan dan menghalalkan beragam cara untuk menjadi nomor satu di kampus.

Dalam satu kesempatan, Chatur dipermalukan Rancho di depan Viru dan teman-teman sekampusnya. Alhasil, Chatur menantang tak cuma Rancho tapi juga Farhan dan Raju bahwa 10 tahun ke depan, ia akan lebih sukses di banding mereka. Chatur benar, ia memang lebih sukses dari Raju dan farhan. Hanya saja tidak diketahui nasib Rancho. Chatur, Raju dan Farhan pun mencari keberadaan Rancho yang dianggap sebagai mahasiswa luar biasa di kampus.

Mereka menemukan Rancho, tapi bukan Rancho teman kuliah. Mereka justru menemukan Rancho yang tinggal di puncak gunung dengan menjadi guru bagi anak-anak kecil. Chatur merasa menang. Tapi ia tidak tahu, ada hal lain yang luar biasa yang tidak ia sadari.

Film ini sangat menggugah hati dan lebih menariknya adalah penampilan Aamir Khan di usia 44 tahun,  Aamir  bisa memerankan karakter mahasiswa dan semakin matang dan  menjadi seorang guru bagi anak-anak di Taare Zameen Par.

Film karya Rajkumar Hirani ini penuh dengan pesan moral, terutama di dunia pendidikan. Karena secara sosial, kultural, ekonomi, filosofi pendidikan menghadapi problem yang sama dan nyata seperti digambarkan di film. Begitupun dengan diriku… jika melihat lompatan pendidikanku yang dari SPK (Sekolah Perawat Kesehatan) ke FKIP (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan) dan akhirnya terdampar di dunia jurnalistik. Ada pelajaran yang sama dalam kehidupanku dan film ini, jika orang tua memegang peranan pendidikan, tentunya akan berbeda dengan jalan kehidupan selanjutnya, impian masa kecil.

Benang merah yang tak boleh dilupakan adalah teman bisa menjadi sangat berharga ketika mereka mampu mendorong Anda menuju potensi yang lebih besar. Film ini menawarkan keceriaan, persahabatan, haru biru serta bumbu cinta dan tentuntya  nyanyian dan tarian.Dan sebaiknya menyiapkan saputangan untuk menyeka airmata yang menetes. Tidak cuma sekali, ada beberapa kali adegan yang akan membuat Anda hanyut dalam cerita.

Dan tentunya kalimat“All is well” akan terus melekat dalam ingatan.

About these ads

36 Tanggapan to “Hidup Adalah Perlombaan “All is Well””

  1. hanif IM Maret 23, 2010 at 13:51 #

    wah, lagi banyak yg review film ini…
    sudah ada DVDnya belum ya di Indo?

    • suzannita Maret 23, 2010 at 15:08 #

      udah ada bro … aku aja nonton dvd nya dulu… tapi translatenya acakadut

  2. xvader Maret 23, 2010 at 14:27 #

    chatur menghalalkan segala cara demi menjadi nomor satu di kampusnya, termasuk mengedarkan majalah dewasa ke kamar teman-teman asramanya, supaya mereka lupa untuk belajar. wakakakakaka…

    well, ini memang film india yang ga ecek-ecek. begitu banyak pelajaran hidup di dalamnya. dan salah satu yang cukup menohok saya adalah tentang si donkey, the opportunist, yang melompat-lompat dari bidang engineering > mba > dan nyangkut sebagai bankir sukses. fiuh…

  3. indra1082 Maret 23, 2010 at 14:46 #

    ditunggu pinjeman dvd nya.. :grin:

  4. manshurzikri Maret 23, 2010 at 15:10 #

    Wah, saya merinding (semangat) saat membaca review film nya,, seperti nya saya harus tonton film ini! :)

  5. Cahya Maret 23, 2010 at 17:21 #

    Padahal ingin ikut kelas deselerasi :D

  6. delia4ever Maret 24, 2010 at 03:00 #

    Suka film india juga ya ?
    Amir khan emang keren :D
    kalo aq pulkam pasti nonton film ini soalnya kakakku penggemar film india 100% wekkekek…

    jadi penasaran juga…

    • suzannita Maret 24, 2010 at 18:45 #

      hohoho… filmnya keren say!

      • delia4ever Maret 25, 2010 at 22:32 #

        iya nih.. ntar aq cari juga ahh disini .. pasti ada :D ..
        thanks sis

  7. Red Maret 24, 2010 at 08:58 #

    gue pengen banget nonton ini, besok aza di blitz megaplex :P

  8. Nur Ali Muchtar Maret 24, 2010 at 09:49 #

    wah, liat 3 idiots lagi disini. baru semalem temen kosan nonton 3 idiots (saya belom nonton sich).
    di sini juga udah ada yang pernah ngulas kok mbak:

    http://deblogger.org/2010/02/27/berkaca-mengenai-pendidikan-dari-3-idiots/

    • suzannita Maret 24, 2010 at 18:46 #

      hohohoh… iya nih … udah lama pengen nge-review nya tapi gak ngerti translate yang dvd bajakan itu… tuh….

  9. edda Maret 24, 2010 at 09:52 #

    Oh film india toh, kyaknya bgus jg tuh

  10. peri01 Maret 24, 2010 at 10:53 #

    udah nonton nieh tapi gak ngerti translete nya gak bagus

    • suzannita Maret 24, 2010 at 18:48 #

      hohoho… iya mesti nonton di bioskop say

  11. julianusginting Maret 24, 2010 at 13:23 #

    bagus juga ide dan pesan yang dibawa oleh film tersebut ya…maunya film semuanya begitu,,syarat akan pesan-pesan…

    • suzannita Maret 24, 2010 at 18:47 #

      hohoho.. iya nih… multivision bakal ngajak nobar Jumat besok, dan asli aku nonton film ini menjadi 5 kali xixixixixi …

  12. Nda Maret 24, 2010 at 19:04 #

    aku suka film ini..ngajarin buat “follow ur passion” karena hasilnya pasti lebih baik..

    • suzannita Maret 25, 2010 at 15:43 #

      hohoho… yupssss setuju banget tuh

  13. muhammad zakariah Maret 24, 2010 at 19:10 #

    wahh.. bagus jg yah.. sarat dgn pesan dan motivasi positif.. kayaknya harus ditonton nih..keren filmnya..

  14. yuwaku Maret 25, 2010 at 00:02 #

    setelah membaca review ini jadi tertarik untuk melihat filmnya..

  15. nurrahman18 Maret 25, 2010 at 09:25 #

    ohh, film itu y,kykna pernah hampir pinjem,tp ga jadi…besok nyari lg di rental ah

  16. Yolanda Maret 25, 2010 at 09:39 #

    ahh
    bsk sabtu nonton ahh
    ;P
    hehe

  17. vimaulid Maret 25, 2010 at 10:56 #

    sebelum baca blog ini saya kira pilem ini pilem barat, ternyata pilem india :D

    cari pilemnya ah… udah lama juga ga nonton india :D

  18. hahn Maret 25, 2010 at 13:36 #

    jadi pengen nonton nih….

  19. mas tyas Maret 25, 2010 at 14:12 #

    mari berlomba menggapai bintang yang selalu bersinar.. :)

    • suzannita Maret 25, 2010 at 15:44 #

      hohohoh… mas tyas… yuk menjadi bintang yang kan selalu bersinar

  20. Roi Lukman Saputra Maret 26, 2010 at 02:14 #

    Wah, filmnya sepertinya bagus banget ya?
    Kalau ada waktu mau nonton ah…. Sekalian ajak mamaku yang suka nonton film India…. :)

    Thanks reviewnya ya mbak….

  21. Djarums Cigarette Maret 26, 2010 at 10:52 #

    berkunjung ke rumah tetangga dan mengucapkan selamat pagi. Semoga terus berjaya 03:52

  22. Nur Ali Muchtar Maret 27, 2010 at 08:07 #

    ternyata ane baru nyadar sekarang setelah nonton filmnya, mengapa banyak orang yang menulis resensi film ini!!hmmmmm…

  23. Djarums Cigarette Maret 27, 2010 at 21:52 #

    berkunjung ke rumah tetangga dan mengucapkan selamat pagi. Semoga terus berjaya 14:52

  24. Djarums Cigarette Maret 30, 2010 at 18:37 #

    Selamat Malam. Hidup ini indah.
    Nikmatilah dan bersyukurlah karena kita
    kita hidup hingga hari ini. 11:37

  25. mamik Juni 20, 2010 at 12:40 #

    all is well..:)

Trackbacks/Pingbacks

  1. yang belom nonton 3 idiots « CUMA UNEK-UNEK DI KEPALA - Maret 28, 2010

    [...] atawa: http://suzannita.wordpress.com/2010/03/23/hidup-adalah-perlombaan-all-is-well/ [...]

  2. My Name Is Khan and I’m Not A Terrorist! « "bintang yang kan selalu bersinar" - Maret 31, 2010

    [...] puas menikmati 3 Idiots, bulan ini sepertinya di Palembang menjadi bulannya film India. Pasalnya jarang sekali aku menyukai [...]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.222 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: